Senin, 30 Desember 2013

kata dasar Bahasa Jepang * Japanese

youkoso, irashaimase = selamat datang, nice to meet you
- watashi no namaeo o shokai septia = perkenalkan nama saya septia* :D
- zutto anata o aishiteru = ak akan slalu mencintaimu

 - anata ga koishikunar = aku akan slalu merindukanmu
- anataga suki desu = aku suka kamu
- anataga kirai desu = ak benci kamu
- kimi to motto hanashitai = aku pengen/seneng ngobrol sama kamu
- kimi no heiru ga suki = aku suka rambut kamu
- kimino koto ichinichi ju kangaeteru yo = aku slalu mkrin km 

 - kimi no koto bakkari kangaeteta = aku ga bisa berhenti mikirin kamu
- kimitte hontou ni kawaii ni / kirei dayo = kamu cute bgt dech / cantik bgt dech
- tsukiatteru hito iru…? = udah punya pacar blm
- boku to dekakenai = kencan ‘ama gue’ yuks
- kareshi ippai irun darou = kamu pasti udah punya pacar
- moteru darou = kamu populer sih
- kimi no seikaku suki dayo = sifat km menyenangkan / baik
- itsumademo = sampai kapanpun
- boku = aku
- keredomo = akan
- taiki = menunggumu
- kon ya nani shitai = ntar malem jalan
- fuku no sensu ga iina = pakaianmu bagus dech
- susah hati, sedih = kurushi, kanashii
- tanoshi / kingegaji = senang / sedang senang
- ohayou gozaimashu = selamat siang
- sugi, konichiwa = siang, selamat siang
- sugi ~ hiru = hirusugi = setelah ~ siang , sore :D
- konbanwa = slamat malam
- itadakimatsu= slamat makan
- oyasumi = slamat tdur
- seijitsuna, jyun jyou = tulus, hati yg tulus
- gomen nasai / sumimasen = maaf
- owari mashou = mari kita akhiri

- Genki desu ka/Genki? = apa kabar?
- Gomennasai / Gomen = Maafkan aku.
- Daijobu desu ka / daijobu? = Kamu baik-baik saja?
- Baka = bodoh
- sugoi = hebat!
- Ja nee = bye bye!
- mata ashita = sampai bertemu besok
- sayonara = selamat tinggal
- Ganbatte ne! = berjuang, ya!
- Irasshaimase = selamat datang 
- Tadaima = aku pulang 
- hontou? = benarkah??
- kakkooi = keren
- sukebe = cabul / mesum -.-;
- arigatou = terima kasih
- dou itashimashite = terima kasih kembali


onee-san: kakak cewe
onii-san: kakak cowo
okaa-san/haha: ibu
otoo-san/chichi: ayah
ojii-san: paman
obaa-san: tante


-san: untuk normal, biasanya buat yang baru ketemu/belom akrab
-chan: untuk anak kecil atau orang yang akrab
-kun: untuk cowo
-han: normal untuk logat kansai(kalau ga salah)
kata ganti orang pertama
watashi: saya(formal)
atashi: aku(cewe)
boku: aku(cowo)
ore: gw
watashi/ore/bokutachi: kami 


kalau ada yang lain, tolong tambahin :)


-sama: peringkat paling tinggi. Dipakai untuk orang yang lebih tua/lebih tinggi derajatnya.
-dono: setingkat dibawah -sama, tapi juga menandakan rasa hormat.
-(kosong): untuk memanggil orang yang derajatnya dibawah kita.
ini gw tambahin 3 akio^^
sumber : komik basilisk

tambahan smua kata subjek (watashi/ore/boku/kimi/anata dll) ditambahin tachi berarti jamakcontohnya:
watashitachi = kami
anatatachi = kalian tambahan:
aitsu = dia
aitsutachi = mereka
A. Perkenalan
-.Watashi wa Septia desu : saya adalah Septia(bisa juga di gunakan Watahi no Namae wa Septia desu = Nama Saya adalah Septia)

 -.Anata wa Dare desu ka : Kamu siapa?(bisa juga Anata no Namae wa dare desuka = Nama Kamu siapa? )
 -.Atashi wa Jakarta Ni Sunde Imasu : Saya tinggal di Jakarta
.-.Atashi wa Gakusei desu : Saya seorang pelajar
.-.Atashi wa Daigakusei desu : Saya seorang mahasiswa
.-.Atashi wa Indonesia jin desu.: Saya Orang indonesia
.-.Anata wa Nan no jin desu ka : Kamu orang mana?
 -.Watashi Tachi wa shimbunkisha desu. : Kami adalah wartawan
.-.Anata wa Sakura san desuka : Apakah anda Nona Sakura?
-.Hai, Sou desu. : Ya,betul

.-.Suzuki san wa Donata desu ka : Suzuki wa Watashi desu
.-.Yoshida san wa keikan desu : Tuan Yoshida adalah seorang polisi.


 Kosakata;

-Watashi :saya
-Watashi tachi:Kami,Kita
-Anata Tachi :Kalian
-Dare/donata :Siapa
-gakusei/seito:Murid,pelajar
-daigakusei :Mahasiswa
-Jin :Orang
-shimbunkisha :Wartawan
-san :Nona,Tuan,Sdra,sdri,nyonya. (kalau untuk hitungan san berarti 3)
-Keikan :Polisi
-Namae :Nama
-Otoko :Laki Laki
-Ginkouin :Pegawai Bank
-sensei :guru
-sunde imasu :Tinggal,Bermukim
-Hai :Ya
-Iie :Tidak,Bukan
-Nihon :Jepang
 


Bentuk Negatif adalah sanggahan dari bentuk Positif(Desu)


.-.Anata wa sensei desu ka? : apakah anda guru?
Iie,watahi wa sensei dewa arimasen./ja arimasen. : Bukan,saya bukan guru

.-.Anohito wa Nihon – jin desu ka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar